Jumat 16 Jun 2017 21:07 WIB

WNI di Davao Rayakan Toleransi dalam Buka Puasa Bersama

WNI di Davao Rayakan Toleransi dalam Buka Puasa Bersama
Foto: Kemenlu
WNI di Davao Rayakan Toleransi dalam Buka Puasa Bersama

REPUBLIKA.CO.ID, "Alangkah indahnya kebersamaan ini di mana saudara sebangsa dan setanah air bisa duduk bersama rukun dan damai merayakan buka puasa bersama di wisma  ini," demikian Konsul Jenderal Davao City Berlian Napitupulu mengawali sambutannya pada acara buka puasa bersama di wisma KJRI Davao City pada Rabu malam (14/6).

 

Sebagai kepala perwakilan, Konjen Berlian Napitupulu yang beragama Kristen menegaskan bahwa adalah tugasnya untuk melayani dan menaungi semua warga negara Indonesia dari segala suku dan agama yang ada di Indonesia. "Wisma ini adalah rumah Indonesia, rumaih bagi seluruh warga negara Indonesia regardless suku dan agamanya," imbuh Konjen Berlian.

 

Lebih lanjut, Konjen Berlian menyampaikan, "Kita agar masyarakat Muslim Indonesia di Davao dan sekitarnya dapat menunaikan ibadah puasa dengan khusuk dan baik sampai selesai".

 

Kepada WNI yang non-Muslim, Konjen RI menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya, karena telah memberi dukungan kepada saudara-saudara yang Muslim untuk dapat menjalankan ibadah Puasa pada bulan Ramadhan ini dengan tenang dan nyaman.

 

"Inilah indahnya kebhinekan, indahnya kemajemukan dan indahnya toleransi antar umat beragama. Inilah yang dimaksud dengan negara Pancasila," tegas Berlian.

 

Konjen menegaskan bahwa perayaan buka puasa bersama ini merupakan yang pertama tapi semoga bukan yang terakhir. Ia mengarapkan semoga perayaan seperti ini dapat berlanjut di masa-masa mendatang.

 

Dalam kaitan itu, Konjen juga akan mengadakan open house di Wisma RI menyambut perayaan Idul Fitri pada 25 atau 26 Juni mendatang sesuai tanggal yang akan ditetapkan Pemerintah Indonesia mengenai Hari Raya Idul Fitri tahun ini. "Silahkan seluruh masyarakat Indonesia di Davao dan sekitarnya datang berbondong-bondong. The merrier, the happier," ujar dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement