Ahad , 18 June 2017, 18:37 WIB

Ratusan Muslim Jerman Gelar Pawai Menentang Terorisme

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Agus Yulianto
frontpagemag.com
Muslim di Jerman
Muslim di Jerman

REPUBLIKA.CO.ID, BERLIN -- Ratusan Muslim di Cologne, Jerman, pada Sabtu (17/6), menggelar pawai perdamaian menentang terorisme. Aksi ini digelar merespon semakin maraknya serangan teror, khususnya di Eropa, yang mengatasnamakan Islam. 

Dalam pawai tersebut, para peserta aksi membawa berbagai spanduk dan papan bertuliskan "Bersama Melawan Teror" dan "Kebencian Membuat Bumi Jadi Neraka". Ada pula yang membentangkan spanduk bertuliskan "Cinta Untuk Semua, Kebencian Bukan Untuk Siapapun" serta "Seorang Muslim Melindungi Hidup, Bukan Merenggutnya". 

Aksi pawai damai ini diselenggarakan merespons serangkaian aksi teror yang melanda Eropa, khususnya Inggris. "Serangan oleh orang-orang yang membenarkan tindakan mereka dengan memohon Islam, tanpa pembenaran, menjadi lebih sering," kata seorang panitia pawai seperti dilaporkan laman The Independent, Ahad (18/6). 

Dengan diadakannya pawai damai ini, ia berharap masyarakat Eropa dapat mengenali kembali Islam yang sesungguhnya. "Iman kita telah disalahgunakan, dicemarkan, dihina (akibat aksi teror) dan terdistorsi menjadi sesuatu yang tidak dapat dikenali. Mari kita beri tanda kuat melawan kekerasan dan teror," ucapnya. 

Panitia pawai, yang menamakan dirinya Not With Us, mengatakan pada awal penyelenggaraan aksi tersebut, massa yang berpartisipasi diperkirakan hanya ratusan orang. Namun seiring dengan jalannya pawai, aksi damai tersebut diikuti lebih dari seribu orang.