Kamis 22 Jun 2017 06:31 WIB

Pencuri Kotak Amal di 6 Masjid Kanada Ditangkap

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Bilal Ramadhan
Kotak amal.
Foto: Republika/ Tahta Aidilla
Kotak amal.

REPUBLIKA.CO.ID, MISSISAUGA -- Kepolisian Kanada telah menangkap seorang tersangka laki-laki yang diduga telah mencuri kotak amal. Tidak tanggung-tanggung, sedikitnya enam masjid di Missisauga yang ada di luar Toronto menjadi sasaran pelaku.

Dilansir dari Anadolu Agensi, Rabu (21/6), Polisi menjelaskan kalau pelaku memasuki gedung-gedung keagamaan pada kesempatan terpisah. Sejak awal hingga pertengahan Juni, pelaku telah mengambil kotak amal dengan cara membobol dan membawanya.

Direktur Jamia Islamica Canada, Ez Alwi mengatakan, sekitar 3.500 dolar AS telah diambil dari kotak amal masjid yang telah dibangun sejak 1992 tersebut. Ia menerangkan, pelaku ketika ditangkap Polisi hanya mengantongi 100 dolar AS di sakunya.

Namun, Alwi mengaku memang sudah mengira kalau uang amal yang dicuri tidak mungkin bisa kembali seutuhnya. Walau baru kali pertama terjadi, ia meyakini kalau pencurian merupakan satu-satunya motif yang dibawa pelaku.

"Ini adalah pertama kalinya, saya pikir pencurian satu-satunya motif untuk kejahatan tersebut," kata Alwi.

Kepolisian Kanada menerangkan, pelaku sudah mulai memasuki masjid saat jam buka, tapi dua dari enam kasus pelaku ada di masjid selama berjam-jam. Pelaku, Ashraf Awad (58), didakwa dengan 9 tuduhan terkait perbuatannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement