Sabtu 24 Jun 2017 10:50 WIB

Sejak 2014, Arab Saudi Terus Hadapi Ancaman Bom ISIS

Rep: RR Laeny Sulistywati/ Red: Bilal Ramadhan
Para militan ISIS (ilustrasi).
Foto: AP
Para militan ISIS (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH -- Arab Saudi sejak 2014 terus hadapi pengeboman dan penembakan yang diklaim dilakukan kelompok militan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS). Terakhir upaya pengeboman menjelang Idul Fitri 1438 H di Arab Saudi, Jumat (23/6) kemarin.

Sejak akhir 2014, Arab Saudi menghadapi pengeboman dan penembakan  yang terus dilakukan ISIS. Tahun 2016, sebanyak empat orang tewas akibat ledakan yang dekat dengan tempat suci Umat Islam yaitu Masjid Nabawi di Kota Madinah yang terjadi beberapa hari sebelum akhir Ramadhan. Yang terbaru sebuah upaya tindakan terorisme yang rencananya menargetkan Masjidil Haram yang akan dilakukan Jumat.

Namun, pihak berwenang Arab Saudi menggagalkannya. Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi menyatakan, seorang pria yang rencananya menyerang masjid tersebut meledakkan dirinya saat pasukan keamanan mengepung sebuah bangunan atau gedung dimana pria ini bersembunyi.

"Setidaknya 11 orang termasuk lima polisi terluka akibat runtuhnya gedung bertingkat tiga (yang merupakan tempat tersengka berada)," ujar pejabat seperti dikutip dari laman Al Jazirah, Sabtu (24/6). Lima orang lainnya termasuk seorang perempuan kini telah ditahan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement