Selasa 27 Jun 2017 01:13 WIB

Pengungsi di Italia Kian Mudah Temukan Bank Makanan

Ilustrasi Pengungsi
Foto: Foto : MgRol_94
Ilustrasi Pengungsi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah aplikasi telepon pintar hari Selasa diluncurkan oleh Palang Merah Internasional untuk membantu kaum pengungsi dan migran yang tiba di Italia agar dapat mengakses informasi dan layanan, termasuk layanan medis, psikologis, dan bantuan hukum.

Palang Merah Internasional meluncurkan aplikasi telepon pintar hari Selasa untuk membantu kaum pengungsi dan migran yang tiba di Italia agar dapat mengakses informasi dan layanan, termasuk layanan medis, psikologis, dan bantuan hukum.

Sarana digital yang disebut “Virtual Volunteer” diungkapkan pada peringatan Hari Pengungsi Dunia dikarenakan jumlah data pengungsi global yang mencapai rekor yaitu 22,5 juta di tahun 2016.

“Saat berpindah-pindah orang sering kali terjebak dalam tabir kurangnya informasi,” ujar Jagan Chapagain, kepala program dan operasi pada Federasi Internasional Palang Merah dan Bulan Sabit Merah (IFRC). “Mereka tidak selalu tahu layanan apa yang tersedia untuk mereka.”

“Ini adalah piranti yang akan membantu mereka mendapat gambaran yang lebih jelas sehingga mereka dapat mengambil keputusan sesuai dengan informasi yang tersedia bagi mereka,” ujarnya dalam sebuah pernyataan.

Italia berada di garis depan dalam menghadapi krisis migran Eropa, yang telah menjadi saksi kedatangan ratusan ribu orang di benua itu lewat darat dan laut setelah menyingkir dari peperangan dan kemiskinan di Timur Tengah, Asia, dan Afrika.

Sejauh ini hampir 70.000 orang telah tiba di Italia pada tahun ini, kebanyakan kaum migran dari Afrika Barat dan Bangladesh, menurut the International Organization for Migration.

sumber : VOA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement