Ahad 25 Jun 2017 16:14 WIB

Truk Tangki di Pakistan Meledak, 132 Orang Tewas

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Gita Amanda
Ledakan truk di Pakistan jelang Hari Raya Idul Fitri tewaskan 132 jiwa
Foto: Reuters
Ledakan truk di Pakistan jelang Hari Raya Idul Fitri tewaskan 132 jiwa

REPUBLIKA.CO.ID, LAHORE -- Sebuah truk tangki bahan bakar terguling kemudian meledak di kota Bahawalpur, Pakistan. Insiden yang terjadi sehari sebelum Idul Fitri tersebut menyebabkan sedikitnya 132 orang tewas.

Menurut keterangan petugas penyelamat, truk tangki terbalik setelah mencoba berbelok tajam di jalan raya di pinggiran kota Bahawalpur. Setelah truk terguling, warga mulai mengerubungi lokasi kejadian.

Keterangan itu dikonfirmasi oleh juru bicara pemerintah provinsi, Malik Muhammae Ahmed Khan. Ia mengatakan warga mengerumuni lokasi kejadian karena ingin mengambil bahan bakar minyak yang tumpah ruah di jalanan.

"Orang-orang di daerah tersebut dan orang-orang yang melintas, mulai mengumpulkan bahan bakar saat truk tangki tersebut meledak, membakar semua orang di sekitarnya," ujar Khan.

Dilansir lama Reuters, Ahad (25/6), juru bicara petugas penyelamat, Jam Sajjad Hussain menduga ledakan terjadi karena dipicu oleh bara rokok. "Menurut laporan awal, seseorang mencoba menyulut sebatang rokok ketika bahan bakar tumpah, menyebabkan kapal tangki meledak," katanya.

Petugas pemadam kebakaran segera menuju lokasi kejadian pascaledakan. Api baru dapat dipadamkan petugas dua jam kemudian. Akibat peristiwa ini, 132 orang telah dinyatakan tewas. Sekitar 40 lainnya mengalami luka bakar serius dan dilarikan ke rumah sakit terdekat di Kota Multan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement