Kamis 06 Dec 2012 12:17 WIB

Pesawat Tanpa Awak AS Tewaskan 4 Orang di Pakistan

Rep: Nur Aini/ Red: Dewi Mardiani
Pesawat Tanpa Awak AS
Foto: Reuters
Pesawat Tanpa Awak AS

REPUBLIKA.CO.ID, ISLAMABAD -- Sedikitnya empat orang tewas dalam serangan udara dari pesawat tanpa awak Amerika Serikat (AS) di wilayah barat laut Pakistan.

Seperti diberitakan PressTv, insiden tersebut terjadi pada Kamis (6/12) pagi ketika pesawat AS menyerang sebuah rumah di area Mir Ali sebelah utara Waziristan dengan dua rudal. Tidak ada laporan berapa orang yang terluka akibat serangan udara tersebut.

Pada 1 Desember lalu, serangan pesawat tanpa awak AS yang lain diklaim telah menewaskan empat orang di Wiziristan Selatan. Teror pesawat AS diklaim Washington hanya menarget wilayah tempat tinggal para militan. Namun, korban utama dari serangan berasal dari warga sipil Pakistan.

Pembunuhan warga sipil Pakistan, termasuk perempuan dan anak-anak dalam serangan udara membuat tegang hubungan antara Islamabad dan Washington. Serangan pesawat tanpa awak memicu protes anti-AS di seluruh Pakistan. Para Demonstran mengutuk pelanggaran AS pada kedaulatan negara tersebut.

Washington juga menggunakan pesawat tanpa awak untuk menyerang wilayah Yaman, Afganistan, dan Somalia. PBB mengutuk serangan pesawat tanpa awak AS karena tidak menghormati hukum internasional.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement