Senin 13 Jul 2015 11:57 WIB

Dilaporkan Tewas, Pemimpin ISIS Luncurkan Rekaman Suara

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Erik Purnama Putra
Pimpinan ISIS Hafiz Saeed Khan.
Foto: nbcnews.com
Pimpinan ISIS Hafiz Saeed Khan.

REPUBLIKA.CO.ID, KABUL -- Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) meluncurkan sebuah rekaman audio yang berisi suara pemimpin gerakan ISIS Afganistan, Senin (13/7). Hal ini bertolak belakang dengan laporan yang mengatakan ia tewas dalam serangan drone AS.

Suara yang diduga milik Hafiz Saeed Khan itu diunggah ISIS dalam laman pribadinya. Dua hari sebelumnya, badan intelegen Afganistan mengatakan Saeed tewas di distrik Achin, provinsi Nangarhar pada Jumat. Audio tersebut belum bisa diverifikasi kebenarannya.

Saeed yang merupakan warga Pakistan tersebut berpindah kelompok pada tahun lalu. Sebelumnya, ia setia pada Taliban. Namun kemudian ia menjadi pemimpin di ISIS Afganistan.

Dilaporkan Reuters, hingga kini belum ada komentar dari pihak intelegen Afganistan. Namun mereka memang sering kali menargetkan tokoh-tokoh ISIS menggunakan drone AS.

Sebelumnya, serangan mereka berhasil menewaskan tiga komandan ISIS dalam satu pekan. Yaitu, Shahidullah Shahid dan Gul Zaman. Mereka ditargetkan di wilayah yang sama.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement