Senin , 17 July 2017, 09:22 WIB

Militer Pakistan Luncurkan Serangan untuk ISIS

Rep: Puti Almas/ Red: Dwi Murdaningsih
AP
ISIS
ISIS

REPUBLIKA.CO.ID, ISLAMABAD -- Pasukan militer Pakistan telah melakukan operasi keamanan secara besar-besaran di wilayah perbatasan negara itu dengan Afganistan. Serangan yang ditujukan khusus untuk menumpas Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) menjadi salah satu agenda utama.

Menurut juru bicara militer negara itu, Asif Ghafoor, ISIS telah menguasai sebagian wilayah di Afganistan. Kelompok militan itu diduga akan terus menyebarkan pengaruh mereka dan langkah itu harus dihentikan segera, sebelum dapat berlanjut ke Pakistan.

Dalam dua tahun terakhir, ISIS juga mengklaim sejumlah serangan di Pakistan. Menurut laporan, anggota kelompok teroris itu di Afghanistan merupakan mereka yang merupakan mantan anggota Taliban.

"Operasi ini diperlukan karena ISIS masih terus berkembang di Afghanistan dan kami harus menghentikan penyebarnnya ke wilayah Pakistan dengan cara apapun," ujar juru bicara militer Pakistan, Ghafoor, dilansir BBC, Senin (17/7).

Ghafoor juga menilai perkembangan ISIS yang di dalamnya merupakan kumpulan orang-orang dari kelompok militan di Afghanistan dan Afghanistan dapat semakin kuat di dua wilayah negara itu. Karenanya, operasi keamanan besar-besaran akan dilakukan secara lebih intensif, khususnya di perbatasan dekat Lembah Ragjal.