Jumat 21 Jul 2017 03:18 WIB

Luncurkan Kereta Tenaga Surya, India Hemat Pemakaian Solar

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Budi Raharjo
Kereta Tenaga Surya
Foto: The Economic Times
Kereta Tenaga Surya

REPUBLIKA.CO.ID,DELHI -- Pemerintah India telah meluncurkan kereta bertenaga surya pertama yang ramah lingkungan. Dengan adanya program ini, India diperkirakan akan menghemat sekitar 21 ribu liter solar per tahun.

Dilansir dari The Independent, kereta bernama Diesel Electrical Multiple Unit (DEMU) ini memiliki kapasitas 1.600 tenaga kuda. DEMU dilengkapi dengan 16 panel surya dan baterai cadangan di setiap gerbongnya.

Energi sebesar 7.200 kw yang dibuat setiap tahun oleh panel surya akan digunakan untuk menyalakan lampu internal, kipas angin, dan sistem kelistrikan lainnya di dalam kereta. Setiap kereta berpanel surya dilaporkan dapat mengimbangi emisi karbon hingga sembilan ton per tahun.

Menteri perkeretaapian India Uni Suresh Prabhu mengatakan pemerintah India memiliki tujuan untuk membuat sistem kereta api India lebih ramah lingkungan. Departemen perkeretaapian juga meningkatkan penggunaan sumber energi alternatif sebagai bagian dari komitmennya untuk menggunakan bahan bakar bersih.

"Bukan tugas yang mudah untuk menyesuaikan panel surya di atap kereta yang beroperasi pada kecepatan 80 km per jam," kata Sundeep Gupta, Managing Director Jackson Engineers, yang mengerjakan proyek tersebut.

Panel surya dapat bertahan hingga 25 tahun dan akan diperiksa secara teratur oleh ahli. "Keterampilan teknik kami diuji secara nyata selama pelaksanaan proyek untuk kereta api India ini," tambahnya.

sumber : Center
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement