Sabtu 29 Jul 2017 19:02 WIB

Kapal Tempur AS Lepaskan Tembakkan ke Garda Revolusi Iran

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Teguh Firmansyah
Sejumlah Kapal Perang Iran
Sejumlah Kapal Perang Iran

REPUBLIKA.CO.ID, TEHERAN -- Garda Revolusi Iran mengatakan, kapal Angkatan Laut AS telah mendekati kapal mereka di Teluk dan melepaskan tembakkan, pada Jumat (29/7). Kapal induk USS Nimitz itu juga mendekati kapal Iran dan mengirim sebuah helikopter di dekat platform minyak dan gas Resalat.

"Amerika membuat langkah provokatif dan tidak profesional dengan mengeluarkan peringatan dan menembakkan suar ke kapal," kata pernyataan yang dikeluarkan Garda Revolusi Iran pada Sabtu (29/7), melalui Sepah News.

"Kapal kami tetap melanjutkan misi mereka di wilayah tersebut. Kapal induk dan kapal perang yang menyertainya kemudian meninggalkan daerah itu," tambah pernyataan tersebut.

Tidak ada komentar resmi dari Washington mengenai pernyataan Garda Revolusi. Pada Selasa (25/7) lalu, sebuah kapal Angkatan Laut AS juga melepaskan tembakan peringatan saat sebuah kapal Iran di Teluk berada dalam jarak 137 meter.

Dalam sebuah pernyataan, Komando Pasukan Angkatan Udara AS mengatakan kapal patroli bernama Thunderbolt itu melepaskan tembakan peringatan karena kapal Iran mengabaikan seruan radio dan peluit kapal.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement