Rabu 21 Mar 2012 22:13 WIB

India Pengimpor Senjata Terbesar

Rep: Roshma Widiyani/ Red: Taufik Rachman

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--India telah menyusul Cina sebagai pengimpor senjata terbesar di dunia. laporan ini sekaligus menegaskan, India sebagai negara paling agresif dalam perkembangan perangkat militer.

India termasuk negara dengan perkembangan ekonomi terbesar. data dari Stockholm International Peace Research Institute (SIPRI) mengatakan, selama 2007 sampai 2011 India menyumbang 10 persen pasar senjata global, seperti diberitakan CNN.

Korea Selatan adalah negara berikutnya sebesar enam persen, diikuti Pakistan dan Cina sebesar lima persen. peringkat selanjutnya adalah Singapura sebesar empat persen.

Analisis senior SIPRI Siemon Wezeman mengatakan, aggaran pertahanan India mencerminkan aspirasi dan kekhawatiran keamanan Delhi. "India semakin khawatir terhadap hubungannya dengan Pakistan dan Cina. Mungkin India juga melihat kemungkinan sebagai kekuatan regional dan global,” ujarnya.

Sebagian pengeluaran digunakan untuk memodernisasi angkatan bersenjata dan jet tempur. SIPRI memperkirakan India cenderung menghabiskan lebih dari $ 100 miliar pada senjata dalam 15 tahun ke depan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement