Jumat 18 Aug 2017 01:50 WIB

AS Desak Amerika Latin Putuskan Hubungan dengan Korea Utara

Rep: marniati/ Red: Budi Raharjo
Wapres AS Mike Pence
Foto: AP
Wapres AS Mike Pence

REPUBLIKA.CO.ID,MEXICO CITY -- Wakil Presiden AS, Mike Pence, mendesak negara-negara Amerika Latin untuk memutuskan hubungan dengan Korea Utara. Langkah ini dalam upaya menekan Korea Utara untuk meninggalkan program nuklir dan misilnya.

Pence, yang berada dalam tur lima hari di kawasan tersebut, berharap Brasil, Meksiko, Peru dan Cile akan menghancurkan semua hubungan komersial dan diplomatik dengan Pyongyang. "AS sangat mementingkan isolasi diplomatik Kim Jong-un yang sedang berlangsung," katanya di Santiago, Chile, dalam sebuah konferensi pers bersama dengan Presiden Michelle Bachelet seperti dilansir Anadolu (17/8).

Pence menambahkan bahwa jika negara-negara Amerika Latin memutuskan semua hubungan dengan Korea Utara, Pyongyang akan mengerti ada harga yang harus dibayar untuk menentang masyarakat internasional. Presiden Donald Trump Ahad lalu memperingatkan pemimpin Korut bahwa ia akan benar-benar menyesali perbuatannya jika terus mengancam AS dan sekutu-sekutunya.

Kim menanggapi dengan mengatakan bahwa dia akan menembakkan rudal ke Pulau Guam di Pasifik, wilayah AS. Namun ia memutuskan menunda langkah tersebut sambil menunggu langkah apa yang akan dilakukan Washington selanjutnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement