Kamis 24 Aug 2017 11:34 WIB

Soal Pernyataan Trump, Cina Bela Pakistan

Rep: Marniati/ Red: Teguh Firmansyah
Gerilyawan Taliban Pakistan
Foto: ap
Gerilyawan Taliban Pakistan

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING--- Diplomat senior Cina Yang Jiechi meminta Amerika Serikat untuk menghargai peran Pakistan di Afghanistan dan menghormati masalah keamanan di negara tersebut. Hal ini disampaikan  Jiechi kepada Menteri Luar Negeri AS,  Rex Tillerson melalui sambungan telepon.

Kementerian Luar Negeri Cina membela sekutunya setelah Presiden Donald Trump mengatakan, Amerika Serikat tidak dapat lagi diam mengenai militan yang menggunakan tempat perlindungan di tanah Pakistan.

Yang Jiechi mengatakan kepada Tillerson  bahwa Cina bersedia berkoordinasi dengan Amerika Serikat di Afghanistan dan melakukan upaya bersama untuk mewujudkan perdamaian dan stabilitas  di wilayah tersebut.

"Kita harus menghargai peran penting Pakistan dalam masalah Afghanistan, dan menghormati kedaulatan Pakistan dan masalah keamanan yang masuk akal," kata Yang Jiechi seperti dilansir Reuters (24/8).

Cina dan Pakistan saling bersahabat dan memiliki hubungan diplomatik, ekonomi dan keamanan yang erat.

Kendati begitu Beijing memiliki masalah keamanan tersendiri di kawasan ini, khususnya hubungan antara militan di Pakistan dan Afghanistan serta kelompok-kelompok ekstremis  Cina menengarai kelompok ekstremis itu telah masuk ke Xinjiang, tempat Muslim Uighur bermukim.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement