Senin 11 Sep 2017 08:11 WIB

Dalai Lama: Buddha akan Membantu Muslim Rohingya

Rep: Marniati/ Red: Teguh Firmansyah
Pemimpin spiritual Dalai Lama.
Foto: Ora TV
Pemimpin spiritual Dalai Lama.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- Pemimpin spiritual Tibet Dalai Lama pada Ahad (10/9) mengatakan, Buddha pasti akan membantu komunitas Muslim Rohingya. Hal itu disampaikan di tengah meningkatnya kekhawatiran internasional atas perlakuan terhadap Rohingya di Myanmar.

"Orang-orang itu Anda lihat semacam melecehkan beberapa Muslim. Maka mereka harus ingat, Buddha (Tuhan), dalam keadaan seperti itu, pasti akan membantu orang-orang Muslim yang malang itu," kata Dalai Lama kepada wartawan seperti dilansir dtv.com, Senin (11/9).

Ia mengaku merasa sedih dengan tindakan kekerasan yang terjadi di Rakhnine. India juga telah menyatakan keprihatinan mendalam tentang situasi di Negara Rakhine Myanmar, tempat pasukan keamanan terlibat dalam pertempuran berdarah melawan gerilyawan Rohingya. Hal itu memaksa ribuan orang  melarikan diri ke negara tetangga Bangladesh dan India.

"India tetap sangat prihatin dengan situasi di Negara Bagian Rakhine di Myanmar dan arus keluar pengungsi dari wilayah tersebut," kata Kementerian Luar Negeri dalam sebuah pernyataan pada Sabtu malam yang juga mendesak Myanmar untuk menangani situasi tersebut.

Pengungsi Rohingya terlihat di atas kapal karena mereka melintasi perbatasan Myanmar melalui Sungai Naf. New Delhi meminta Myanmar untuk fokus pada kesejahteraan penduduk sipil. Di sisi lain pasukan keamanan harus mengakhiri kekerasan serta memulihkan keadaan segera. Myanmar mengatakan pasukannya memerangi sebuah kampanye yang sah melawan teroris yang bertanggung jawab atas serangkaian serangan terhadap polisi dan tentara sejak Oktober 2016.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement