Rabu , 13 September 2017, 19:30 WIB

Dua Jenazah Ditemukan dalam Insiden Tabrakan Kapal

Rep: Fira Nursya’bani/ Red: Endro Yuwanto
Blogspot.com
Tabrakan kapal (ilustrasi).
Tabrakan kapal (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, SINGAPURA -- Penyelam dari tim penyelamat berhasil menemukan jenazah dua awak kapal yang hilang pada Rabu (13/9), setelah kapal keruk mereka bertabrakan dengan sebuah kapal tanker di Singapura. Tim penyelamat saat ini masih mencari tiga awak kapal lainnya yang hilang.

"Penyelam telah menemukan dua jenazah dari lima awak yang hilang dan pencarian untuk yang hilang masih terus berlanjut," ujar Otoritas Maritim dan Pelabuhan Singapura yang memimpin upaya penyelamatan dikutip New Strait Times.

Insiden ini terjadi di sekitar Selat Singapura yang merupakan jalur pelayaran sibuk. Kapal Tanker MV Kartika Segara berbendera Indonesia bertabrakan dengan Kapal Keruk JBB DE Rong 19 berbendera Republik Dominika pada Rabu (13/9) dini hari.

Setelah tabrakan, kapal keruk terbalik dan lima awak kapalnya, yang terdiri dari empat warga negara Cina dan satu warga negara Malaysia, dinyatakan hilang. Sementara tujuh awak kapal lainnya berhasil diselamatkan.

Sementara kapal tanker Indonesia mengalami kerusakan pada bagian depan, namun tetap stabil. Tidak dilaporkan satu pun anggota awak yang terluka.

Sebuah upaya penyelamatan besar diluncurkan dengan melibatkan hampir 30 kapal dari Singapura dan Indonesia, serta lima pesawat Angkatan Udara Singapura. Sementara ini tidak ada laporan tentang gangguan pengiriman di Selat Singapura atau adanya tumpahan minyak.