Jumat 12 Jul 2013 08:32 WIB

Taiwan - Selandia Baru Tanda Tangani Perdagangan Bebas

Red:
Pertemuan Taiwan dan Selendia Baru
Pertemuan Taiwan dan Selendia Baru

TAIPEH -- Taiwan telah menandatangani persetujuan perdagangan bebas dengan Selandia Baru. Kesepakatan ini merupakan yang pertama dicapai Taiwan dengan sebuah negara maju.

[removed]// [removed]

Persetujuan itu ditandatangani pada sebuah upacara kecil di Universitas Victoria di Wellington.

Phil Goff, yang menjabat menteri perdagangan ketika Selandia Baru menandatangani persetujuan perdagangan bebas dengan Cina di tahun 2008, mengatakan, negaranya sekali lagi berhasil 'menjadi yang pertama mengambil manfaat' dalam hal ekspornya ke Taiwan. "Setelah menjalin persetujuan perdagangan bebas yang komprehesif dengan China, kami kemudian melakukannya dengan Hong Kong, dan kini akhirnya dengan Taiwan," katanya kepada program Connect Asia Radio Australia

Meskipun masih bermasalah dengan Cina terkait pengakuan internasional secara resmi, Taiwan terus mengusahakan persetujuan perdagangan bebas dengan mitra-mitra dagangnya.

Goff mengatakan, memang persetujuan itu agak peka dan upacaranya hanya kecil saja, tapi itu dilakukan dengan sepengetahuan Cina. Selandia Baru, seperti kebanyakan negara maju yang tidak menjalin hubungan diplomatik, mempunyai sebuah kantor kebudayaan dan industri di Taiwan, sedangkan Cina mempunyai sebuah kantor perdagangan dan kebudayaan di Auckland.

Phil Goff, yang kini jurubicara urusan luar negeri dan perdagangan Oposisi Selandia Baru, mengatakan, perdagangan bebas dengan Taiwan akan segera dilaksanakan.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ABC News (Australian Broadcasting Corporation). Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ABC News (Australian Broadcasting Corporation).
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement