Rabu 25 Sep 2013 11:14 WIB

Cina Larang Ekspor Teknologi Senjata ke Korut

Rep: Nur Aini/ Red: Mansyur Faqih
Hubungan Korea Utara dan Cina mengendur
Foto: guardian
Hubungan Korea Utara dan Cina mengendur

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Cina melarang ekspor sejumlah teknologi terkait senjata yang bisa digunakan untuk membuat senjata nuklir ke Korea Utara. Menteri Perdagangan Cina mempublikasikan daftar yang di dalamnya memasukkan komponen untuk alat peledak nuklir dan sistem roket. 

Mereka mengatakan, langkah itu akan membantu implementasi resolusi PBB atas Korea Utara. Analis mengatakan, larangan tersebut menunjukkan Cina mengambil garis tegas terhadap sekutunya. Daftar tersebut termasuk teknologi di bidang nuklir, rudal, kimia, dan biologi.

Kementerian Perdagangan mengatakan pembatasan tersebut sesuai dengan beberapa resolusi Dewan Keamanan PBB terhadap Korea Utara. Cina merupakan sekutu dan mitra dagang utama Korea Utara. Negara Barat, seperti dilaporkan BBC, sebelumnya mengkritik Cina karena tidak ketat menegakkan sanksi PBB terhadap Korea Utara.

Namun, hubungan antara Beijing dan Pyongyang tegang dalam beberapa bulan terakhir. Maret lalu, Cina mendukung resolusi sanksi Dewan Keamanan PBB terhadap Korea Utara, dalam menanggapi uji coba nuklir ketiga Pyongyang pada Februari lalu. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement