Ahad 21 May 2017 17:18 WIB

Korut Kembali Lakukan Uji Coba Rudal

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Indira Rezkisari
Peluncuran rudal korut.
Foto: EPA
Peluncuran rudal korut.

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL – Korea Utara (Korut) dilaporkan kembali melakukan uji coba rudal pada Ahad (21/5). Kejadian ini terpantau oleh militer Korea Selatan (Korsel).

“Korut menembakkan sebuah proyektil yang tidak teridentifikasi dari sebuah lokasi di sekitar Pukchang di Pyeogannam-do (Provinsi Pyeongan Selatan),” ungkap Kepala Staf Gabungan Korsel seperti dilaporkan laman Sky News.

Tes terbaru ini terjadi tak lama setelah Korut melakukan uji coba rudal lainnya sepekan lalu. Korut mengklaim rudal yang diuji pada pekan lalu mampu membawa hulu ledak nuklir yang besar.

Pekan lalu, Dewan Keamanan PBB juga menuntut agar Pyongyang tidak melakukan pengujian rudal lebih lanjut. PBB menekankan pentingnya Korut untuk menunjukkan komitmen tulus untuk melakukan denuklirisasi melalui tindakan nyata.

Korut diketahui tengah mengembangkan kemampuan rudal nuklirnya. Mereka tercatat telah melakukan lima kali uji coba nuklir, yang notabene menentang sanksi PBB. Korut juga disebut telah mengalami kemajuan dalam pengembangan rudalnya karena rutin melakukan uji coba.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement