Kamis , 14 September 2017, 07:45 WIB

Delapan Orang di Panti Jompo Florida Tewas Terdampak Badai

Rep: Puti Almas/ Red: Endro Yuwanto
reuters
badai irma
badai irma

REPUBLIKA.CO.ID,FORT LAUDERDALE -- Sebanyak delapan orang yang berada di panti jompo di Broward County, Florida, Amerika Serikat (AS) ditemukan tewas, Rabu (13/9). Mereka diduga kehilangan nyawa karena kondisi tempat tersebut yang selama berhari-hari tidak dapat menggunakan listrik.

Kepolisian setempat melakukan evakuasi terhadap 115 orang lainnya yang berada di panti jompo tersebut. Pada awalnya ada tiga yang ditemukan secara langsung tewas di lokasi kejadian.

Sementara lima lainnya sempat mendapat penanganan di rumah sakit, hingga kemudian menghembuskan napas terakhir. Hingga saat ini, setidaknya 10 juta warga di Florida, Georgia, dan Carolina harus mengalami kondisi tanpa listrik karena Badai Irma.

"Kejadian ini mungkin terkait dengan tidak adanya listrik di fasilitas tersebut selama berhari-hari dan kami akan memeriksa fasilitas serupa lainnya serta melakukan evakuasi agar hal serupa tidak terjadi lagi," ujar kepala polisi Hollywood Tomas Sanchez, dilansir BBC, Kamis (14/9).

Badai tropis itu pertama kali melanda Florida dalam satu pekan terakhir. Irma mempengaruhi setidaknya sembilan negara bagian AS. Hujan deras, disertai angin kencang telah melanda banyak wilayah yang menyebabkan kerusakan parah pada bangunan serta lingkungan penduduk secara keseluruhan.