Ahad , 24 September 2017, 22:19 WIB

Turki akan Bangun Tempat Penampungan Bagi Pengungsi Rohingya

Rep: Marniati/ Red: Winda Destiana Putri
Stringer/EPA
Pengungsi Rohingya di kamp pengungsi Rohingya di Ukhiya
Pengungsi Rohingya di kamp pengungsi Rohingya di Ukhiya

REPUBLIKA.CO.ID, ANKARA -- Turki akan membangun tempat penampungan untuk 100 ribu pengungsi Rohingya di Bangladesh. Menurut keterangan Koordinator Bangladesh untuk Kerjasama Turki (TIKA) Ahmet Refik Cetinkaya mengadakan pertemuan dengan Menteri Penanggulangan Bencana Bangladesh Mofazzal Hossain Chowdhury Maya.

"Turki akan segera memberikan 10 ribu paket bantuan kepada Muslim Rohingya," kata Cetinkaya kepada menteri tersebut seperti dilansir Middle East Monitor, Ahad (24/9).Dia mengatakan Wakil Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan akan mengunjungi Bangladesh.

Menurut badan migrasi PBB, sejak 25 Agustus, lebih dari 429 ribu orang Rohingya telah menyeberang dari negara bagian Myanmar di Rakhine ke Bangladesh. Secara keseluruhan, lebih dari 800 ribu pengungsi Rohingya diyakini berada di Bangladesh, termasuk pendatang sejak 25 Agustus.

Para pengungsi tersebut melarikan diri dari operasi keamanan di mana pasukan keamanan membunuh pria, wanita dan anak-anak, menjarah rumah dan membakar desa Rohingya. Menurut Menteri Luar Negeri Bangladesh Abul Hasan Mahmood Ali, sekitar 3.000 orang Rohingya tewas dalam tindakan keras tersebut.

Rohingya, yang digambarkan oleh PBB sebagai orang-orang yang paling teraniaya di dunia, telah menghadapi ketakutan yang meningkat atas serangan tersebut sejak puluhan orang terbunuh dalam kekerasan komunal pada tahun 2012.

TAG

Berita Terkait