Kamis , 12 October 2017, 08:35 WIB

Skandal Uskup Indonesia yang Sampai ke Tangan Paus

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Teguh Firmansyah
ap
Paus Francis
Paus Francis

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Paus Fransiskus telah menerima pengunduran diri seorang uskup Indonesia yang dituduh oleh pendetanya memiliki wanita simpanan dan mengambil lebih dari  120 ribu dolar AS dana gereja. Uskup Hubertus Leteng sebelumnya telah membantah melakukan kejahatan namun tidak memberikan alasan apapun.

Seperti dilansir BBC, Kamis (12/10), Leteng mengundurkan diri dari jabatan uskup pada usia 58 tahun, 17 tahun lebih awal usia pensiun biasa untuk seorang uskup. Vatikan telah menyelidiki klaim bahwa dia diam-diam meminjam 94 ribu dolar AS dari konferensi wali gereja Indonesia. Dia juga diduga telah mengambil 30 ribu dolar AS dari keuskupannya tanpa pengakuntansian.

Hampir 70 pendeta dilaporkan mengundurkan diri pada Juni untuk memprotes tindakan uskup yang mendorong Vatikan untuk melakukan penyelidikan. Uskup Leteng berargumentasi uang tersebut digunakan untuk mendidik kaum muda yang miskin.

Leteng juga menegaskan, tudingan ia memiliki hubungan dengan wanita adalah fitnah. Vatikan tak mengungkap mengapa Uskup Leteng pensiun dini. Vatikan juga tidak mau mendiskusikannya.

Berita Terkait