Ahad , 01 October 2017, 12:12 WIB

Sungai Cikaso Meluap, Banjir Bandang Terjang Cibitung

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Agus Yulianto
Antara
Banjir di Sukabumi (Ilustrasi)
Banjir di Sukabumi (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Bencana banjir bandang menerjang sejumlah daerah di selatan Sukabumi Ahad (1/10). Dampaknya, sejumlah rumah warga yang berada di pinggiran sungai terendam banjir.

"Sungai Cikaso meluap lagi," ujar Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi Eka Widiaman. Kondisi ini hingga Ahad masih berlangsung dan genangan air belum surut.

Eka menerangkan, informasi dari lapangan menyebutkan, rumah warga di pinggiran sungai mulai terendam banjir khussunya di Kecamatan Cibitung. "Selain itu, dermaga terapung yang ada di Cibitung sudah tidak terlihat lagi," ujar dia.

Banjir bandang ini terjadi setelah wilayah selatan Sukabumi diguyur hujan deras sejak Sabtu (30/9) malam hingga Ahad pagi. Akibatnya, aliran sungai meluap dan merendam sebagian rumah warga di pinggiran aliran sungai.

Sebelumnya, bencana banjir juga terjadi di Kampung Cidadap, Desa Buniasih, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi pada Rabu (27/9) lalu. Banjir hanya merendam sawah dan jalan, terang Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Sukabumi Maman Suherman. Ia mengatakan tidak ada perumahan warga yang terendam maupun terancam terendam banjir.

Menurut dia, banjir bandang terjadi karena derasnya hujan yang melanda kawasan tersebut pada Rabu. Akibatnya air sungai meluap dan menimpa jalanan dan lahan pertanian