Jumat , 13 Oktober 2017, 01:19 WIB

Kebakaran Hutan Kalifornia, 23 Tewas dan Ratusan Hilang

Red: Elba Damhuri
AP/Jeff Gritchen
Sebuah helikopter berupaya memadakan api akibat kebakaran hutan dahsyat yang melanda Kalifornia, Senin (9/10).
Sebuah helikopter berupaya memadakan api akibat kebakaran hutan dahsyat yang melanda Kalifornia, Senin (9/10).

REPUBLIKA.CO.ID, SONOMA -- Para petugas berjuang semalaman untuk menghentikan penyebaran kebakaran hutan, yang diketahui telah menewaskan 23 orang di North Kalifornia. Mereka bersiap-siap menghadapi perubahan arah angin sementara satu kota yang terancam dilalap api Tubbs telah memindahkan seluruh warganya.

Kota yang dimaksud adalah Calistoga, suatu komunitas Napa Valley, yang 5.000 warganya sudah meninggalkan rumah-rumah mereka pada Rabu.

"Apakah kota itu akan terbakar? Itu akan tergantung angin," kata Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Calistoga, Steve Campbell, kepada Reuters pada Kamis (12/10) dini hari. "Diperkirakan akan ada angin kencang, tapi kami belum merasakannya."

Tubbs merupakan salah satu dari belasan jaringan api yang menjalar ke delapan kecamatan dan merambat hebat tak terkendali sejak muncul pada Ahad. Rambatan api juga telah menghanguskan sekitar 69.000 hektar lahan serta menghancurkan 3.500 bangunan.

Sementara penyulut api belum diketahui secara pasti. Api diperkirakan mulai menyala setelah saluran listrik roboh karena angin sangat kencang.

Sheriff Sonoma County mengatakan di Twitter bahwa lebih dari 285 orang pada Rabu malam masih dinyatakan hilang di wilayah itu. Belum ada kejelasan soal berapa banyak orang yang kemungkinan menjadi korban kebakaran atau mereka yang mengungsi namun belum ada dalam catatan pihak berwenang.

Korban tewas sebanyak 23 orang itu tercatat sebagai jumlah tertinggi di California sejak 1991. Tubbs, yang telah menjatuhkan 13 korban jiwa, merupakan kebakaran tunggal paling buruk sejak 2003, menurut data negara bagian.
Gubernur California Jerry Brown menyatakan negara bagian dalam keadaan darurat di beberapa kecamatan di sebelah utara, juga di Orange County di Southern California. Di kecamatan itu, kebakaran di Anaheim telah menghancurkan 15 bangunan serta merusak 12 lainnya.

Imbauan untuk evakuasi juga dikeluarkan di Sonoma County pada Rabu malam untuk beberapa bagian di Santa Rosa, yaitu kota terbesar di wilayah perkebunan anggur terkenal di negara bagian itu. Imbauan yang sama juga diterapkan di Gesyerville, kota berpenduduk 800 orang.

Kebakaran hutan itu telah merusak atau menghancurkan setidaknya 13 perkebunan Napa Valley, kata satu kelompok pedagang anggur, Selasa.

Sekitar 25 ribu orang pada Rabu masih berada dalam proses evakuasi sementara api mengeluarkan asap, yang mengalir ke selatan di atas wilayah San Francisco Bay Area. Banyak warga di wilayah itu mengenakan masker.