Selasa 24 Oct 2017 17:01 WIB

Pujian untuk Xi Jinping, 'Dia Kuat, tak Takut Apa Pun'

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Teguh Firmansyah
Xi Jinping
Foto: REUTERS/Lintao Zhang
Xi Jinping

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Pameran prestasi Cina di bawah kepemimpinan Presiden Xi Jinping sebenarnya tidak mengesankan Lu, seorang pensiunan berusia 72 tahun. Terlebih pameran ini tidak menampilkan kemajuan perubahan iklim atau kemajuan teknologi di Cina.

Yang dilihat Lu dalam pameran ini adalah bagaimana Xi telah memberantas ribuan pejabat korup di pemerintahannya. "Kami akhirnya memiliki seorang pemimpin yang melakukan sesuatu dengan benar. Dia kuat. Dia tidak takut pada apapun, atau siapa pun," kata Lu, saat melihat foto-foto kader Partai Komunis yang diborgol.

Lu termasuk di antara sekitar 780 ribu orang yang telah mengunjungi pameran luas di Beijing barat yang diselenggarakan oleh departemen propaganda Partai Komunis ini. Pameran dibuka bertepatan dengan kongres nasional Partai Komunis yang akan memberikan Xi masa jabatan lima tahun keduanya.

Pameran dan Kongres ini menunjukkan bagaimana Xi memiliki kekuatan terpusat di bawah kendalinya. Dia memimpin Cina di dalam sebuah era baru yang masa depannya cukup cerah.

Sejak Xi mengambil alih kepemimpinan partai pada 2012, sejumlah pengamat memperingatkan akumulasi kekuatannya akan membahayakan, menyerupai pemerintahan totaliter Mao Zedong. Faksi-faksi Partai Komunis yang bersaing telah menghadapi kesulitan di bawah kampanye antikorupsi Xi.

Penantang politik Xi banyak berakhir di penjara. Ia juga meningkatkan pengawasan kader di semua tingkat. Aktivis hak-hak Cina dan internasional, banyak mencerca tindakan keras Xi terhadap adanya perbedaan pendapat.

Pameran bertajuk 'Five Years of Grinding and Brave Struggle' di Beijing ini justru menunjukkan bagaimana Xi telah menarik tuas nasionalisme dan populisme untuk memenangkan dukungan massa. Atrium utama pameran tersebut yang pada awalnya menjelaskan cara kerja kepemimpinan tujuh orang dalam Partai Komunis, seketika berubah fokus hanya kepada Xi.

Wajah Xi tampak terlihat hampir di setiap dinding. Di sebuah ruangan yang menampilkan miniatur kapal induk Tentara Pembebasan Rakyat dan rudal balistik terbaru, terdapat foto Xi yang mengintip laras senapan dalam sebuah latihan laser.

Dalam ruangan yang menampilkan kemajuan pertanian Cina, terdapat gambar Xi sedang berkomunikasi dengan pada petani. Sementara itu, di ruangan ekonomi, wajah Xi terlihat tersenyum saat menunjukkan kurva pertumbuhan PDB berbentuk J.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement