Kamis 02 Nov 2017 17:58 WIB

Ini Balasan Surat Xi Jinping untuk Kim Jong-un

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Teguh Firmansyah
Presiden Cina Xi Jinping.
Foto: AP
Presiden Cina Xi Jinping.

REPUBLIKA.CO.ID, PYONGYANG -- Xi Jinping merespons surat kiriman presiden Korea Utara (Korut) Kim Jong-un menyangkut terpilihnya kembali Xi sebagai Presiden Cina. Dalam surat tersebut, Xi berharap terciptanya hubungan kuat kedua negara.

"Saya harap dengan situasi terkini, Cina dan Korut dapat mempererat hubungan kedua partai dan negara agar menimbulkan kontibusi positif. Juga perdamaian regional, stabilitas dan kemakmuran bersama," kata isi surat Xi seperti diwartakan kantor berita Korut dan dilansir Reuters, Kamis (2/11).
 
Sayangnya, kantor berita Korut (KCNA) tidak merinci isi surat tersebut secara lengkap. Namun, Juru Bicara Kementrian Luar Negeri Cina Hua Chunying mengatakan, surat itu berisi ungkapan terima kasih dari ucapan selamat yang diberikan Jong-un beberapa waktu lalu.
 
Cina, dia melanjutkan, juga membalas ucapan selamat yang dikirimkan negara-negara lain sebagai bentuk sopan santun. Surat tersebut dikirimkan Cina menyusul kunjungan Presiden AS Donald Trump ke kawasan Asia yang salah satu bahasannya adalah tentang Korut.
 
"Saya percaya ini demi kepentingan kedua belah pihak dan memiliki arti penting untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi saat ini dan menjaga perdamaian dan stabilitas regional," kata Hua.
 
Seperti diketahui, tensi Amerika dan Korut belakangan kembali meningkat menyusul sejumlah uji coba nuklir yang dijalankan Korut. Amerika tengah mendekatkan diri ke Cina guna menekan program nuklir tersebut.
 
 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement