Jumat 03 Nov 2017 09:17 WIB

Ratusan Mahasiswa ASEAN Ikuti Youth Cultural Forum

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Teguh Firmansyah
ASEAN
ASEAN

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Sebanyak 113 mahasiswa dari 22 perguruan tinggi mengikuti the 15 th ASEAN Youth Cultural Forum di Universitas Gadjah Mada. Selain itu, ini merupakan kali lima keikutsertaan peserta dari Jepang, Cina dan Korea Selatan.

Selama lima hari mulai 1-5 November 2017 mendatang, para mahasiswa muda tersebut akan mengikuti berbagai kegiatan yang digelar ASEAN Universty Network (AUN). Kegiatan mengangkat tema Revitalizing Cultural Diplomacy in Greater ASEAN.

ASEAN Youth Cultural Forum memang merupakan kegiatan rutin yang digelar setiap tahun. Sedangkan, tahun ini Universitas Gadjah Mada kembali dipercaya sebagai tuan rumah untuk ketiga kalinya.

"Jadi kebanggaan bagi UGM dipercaya sebagai tuan rumah penyelenggara ASEAN Youth Cultural Forum yang ketiga kalinya, setelah 2011 dan 2005 dipercaya jadi tuan rumah," kata Paripurna Sugarda, Warek Kerja Sama dan Alumni di University Club, Rabu (1/11).

Paripurna berharap, kegiatan ini dapat menjadi wahana bagi para generasi muda di ASEAN, Jepang, Cina dan Korea Selatan untuk berbagi ide dan gagasan. Selain itu, dapat dibangun saling pengertian dan pemahaman mewujudkan perdamaian dunia.

Executive Director AUN, Cholti Dhirathiti menyampaikan, ASEAN Youth Cultural Forum diadakan sejak 2003 bekerjasama dengan kampus-kampus se-ASEAN. Lalu, tiga negara bergabung pada 2013 memulai ASEAN+3 Youth Cultural Forum.

"Kegiatan ini sebagai ajang untuk mendorong pemuda ikut ambil bagian dalam mempromosikan kebudayaan dan tradisi dari tiap-tiap negara," ujar Dhirathiti.

Melalui kegiatan ini, ia berharap dapat terbangung jejaring dan kerjasama antar generasi muda ASEAN. Selain itu, forum ini hendaknya jadi wahana untuk membangun dialog dan perdamaian dunia.

Dalam kegiatan ini, para mahasiswa nantinya akan mengikuti berbagai kegiatan seperti lolakarya diplomasi kebudayaan, diskusi kebudayaan masing-masing negara. Mereka akan pula belajar Tari Jawa, gamelan dan membuat wayang.

Selain itu, para mahasiswa dijadwalkan mengunjungi sejumlah tempat wisata sejarah dan budaya yang ada di DI Yogyakarta. Mulai dari Keraton Yogyakarta, Candi Prambanan sampai menyaksikan pementasan Ramayana Balet.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement