Ahad 05 Nov 2017 10:15 WIB

Jelang Pekan APEC, Topan Damrey Renggut 20 Jiwa di Vietnam

Angin Topan (ilustrasi)
Foto: AP
Angin Topan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, HANOI -- Topan Damrey telah merenggut 20 nyawa dan membuat 17 orang lagi hilang setelah menerjang Vietnam Tengah pada Sabtu pagi (4/11), kata Komite Kerja Pusat bagi Pemantauan dan Pencegahan Bencana Alam di Hanoi, Sabtu malam.

Korban tewas meliputi 12 orang Provinsi Khan Hoa di Vietnam Tengah, dan 17 orang yang hilang adalah anggota awak tujuh kapal penumpang yang tenggelam selama angin kencang dan gelombang tinggi.

Topan itu juga menghancurkan lebih dari 500 rumah, dan menghumbalang atap sebanyak 23.000 rumah lagi.

Topan Damrey juga mengakibatkan tanah longsor di Provinsi Quang Nam dan Provinsi Binh Dinh di Vietnam Tengah, serta menghalangi jalan dan rel kereta di beberapa jalan nasioal, demikian laporan Xinhua --yang dipantau Antaaa di Jakarta, Ahad.

Pada Sabtu siang, gardu listrik dengan voltage sedang di Khan Hoa dan Phu Yen di Vietnam Tengah rusak, sehingga mengakibatkan listrik padam.

Sementara itu, Perdana Menteri Vietnam Nguyen Xuan Phuc menginstruksikan pengerahan sumber daya manusia dan dan kendaraan untuk mmencari orang yang hilang, serta memerintahkan pemerintah provinsi yang diterjang Topan Damrey agar mengatasi dampak dari topan tersebut.

Angin cukup kecang pada Sabtu pagi menghancurkan atau merusak beberapa gerbang selamat datang dan baliho di jalan utama menuju Pantai My Son di Kota Da Nang di bagian tengah negeri itu, yang menjadi tempat penyelenggaraan pertemuan puncak Kerja Sama Economi Asia-Pasifik (APEC) 6-11 November.

Menurut Departemen Pertanian dan Pembangunan Desa di Da Nang, pemerintah kota praja telah merancang tiga skenario, yang menetapkan kota tersebut harus menanggapi dampak topan itu, banjir dan gelombang besar, bahkan tsunami guna membantu memastikan keselamatan dan keamanan pekan APEC dengan persiapan buat sebanyak 10.000 peserta, 2.000 kepala pejabat pelaksana dan 3.000 wartawan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement