Selasa 07 Nov 2017 16:06 WIB

Turki Tahan 53 Tentara Terkait Gullen

Rep: Marniati/ Red: Elba Damhuri
Fethullah Gullen
Foto: Islamnet
Fethullah Gullen

REPUBLIKA.CO.ID, ISTANBUL--- Seorang jaksa Turki telah mengeluarkan surat perintah penangkapan untuk 53 sersan aktif terkait dugaan hubungan dengan ulama yang berbasis di AS, Fethullah Gullen. Pemerintah Turki menuduh Gullen melakukan percobaan kudeta tahun lalu.

Dilansir dari Anadolu, Selasa (7/11), 20 tersangka telah ditahan dalam operasi di 12 provinsi. Sementara itu, 33 tentara lainnya masih dalam pencarian.

Kementerian dalam negeri mengatakan hampir 700 orang telah ditahan pekan lalu atas tuduhan hubungan dengan Kelompok Teroris Gulenis.

Sekitar 50 ribu orang telah ditangkap sejak revolusi yang gagal pada Juli dan sekitar 150 ribu diberhentikan atau ditangguhkan. Ini termasuk tentara, polisi, guru dan pegawai negeri, karena dugaan hubungan dengan gerakan Fethullah Gulen.

Gulen, yang telah tinggal di pengasingan di Pennsylvania sejak 1999, menolak tuduhan tersebut dan mengutuk kudeta tersebut.

Kelompok hak asasi manusia dan beberapa sekutu Barat takut Presiden Tayyip Erdogan menggunakan kudeta tersebut sebagai dalih untuk menolak kebebasan berpendapat. Pemerintah berargumen tindakan keras tersebut diperlukan karena upaya kudeta, yang menewaskan 240 orang pada 15 Juli 2016.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement