Rabu 08 Nov 2017 13:56 WIB

Astronaut Apollo 12 Tutup Usia di Kalifornia

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Ani Nursalikah
Astronaut pesawat ulang alik Apollo 12 Richard
Foto: Space
Astronaut pesawat ulang alik Apollo 12 Richard "Dick" F Gordon Jr meninggal dunia di usia 88 tahun di rumahnya di San Marcos, Kalifornia, Senin (5/11).

REPUBLIKA.CO.ID, KALIFORNIA -- Astronaut pesawat ulang alik Apollo 12 Richard "Dick" F Gordon Jr meninggal dunia di usia 88 tahun di rumahnya di San Marcos, Kalifornia, Senin (5/11). Informasi ini dikonfirmasi langsung oleh Astronaut Scholarship Foundation dalam sebuah pernyataan.

"Dick akan dikenang sebagai salah satu penerbang pemberani negara kita. Seorang pria yang menambah kemampuan bangsa, dengan menantang dirinya sendiri. Dia akan sangat dirindukan," kata administrator NASA Robert Lightfoot, dikutip The Guardian.

 

Gordon pada awalnya adalah seorang astronaut uji coba, yang dipilih untuk bergabung dalam kelompok astronot ketiga NASA pada 1963. Dia terbang dengan pesawat Gemini 11 pada 1966, dan telah melakukan perjalanan ke luar angkasa sebanyak dua kali.

 

Pada 1969 Gordon mengelilingi bulan dengan menggunakan modul perintah Yankee Clipper dari pesawat Apollo 12. Sementara dua rekannya di pesawat yang sama, Alan Bean dan Charles Conrad, mendarat dan berjalan di permukaan bulan.

 

Dalam dua perjalanan ini, dia telah menghabiskan hampir 316 jam di luar angkasa. "Dia orang yang keren. Dia adalah teman yang Anda inginkan saat pergi ke bulan," kenang astronaut Bean, rekannya di Apollo 12.

 

Gordon lahir di Seattle dan tumbuh menjadi seorang kapten angkatan laut sekaligus ahli kimia. Dia pernah meremehkan Apollo 12 yang terkena petir saat lepas landas, beruntung baterai cadangan berhasil menyelamatkan kru sehingga tidak harus membatalkan misinya.

 

Dalam dokumen NASA pada 1997, Gordon mengatakan banyak orang yang bertanya apakah dia merasa kesepian saat mengitari bulan, sementara dua rekannya berjalan-jalan di bulan. "Saya berkata, 'Tidak, kalau Anda mengenal orang-orang itu, Anda akan merasa senang sendirian'," kata Gordon saat itu.

 

Gordon mengatakan, pengalaman mengitari bulan adalah pengalaman yang indah. "Anda tidak perlu berkomunikasi. Anda tidak perlu khawatir untuk menyenangkan orang lain selain diri Anda sendiri. Dan ada banyak hal yang harus Anda lakukan dan capai," jelasnya.

 

Gordon telah dijadwalkan untuk memimpin misi Apollo 18 yang akan mendarat di bulan. Namun misi itu dibatalkan karena alasan keterbatasan anggaran. Apollo 17 kemudian menjadi misi terakhir ke bulan. Dari 24 astronaut Amerika yang terbang ke bulan, 12 di antaranya telah mendarat di atasnya.

 

Setelah pensiun dari NASA pada 1972, Gordon menjadi wakil presiden eksekutif tim sepak bola New Orleans Saints. Dia kemudian menjadi eksekutif di perusahaan energi dan sains.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement