Jumat 10 Nov 2017 14:08 WIB

Trump Tiba di Vietnam untuk Hadiri APEC

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Teguh Firmansyah
Presiden AS Donald Trump.
Foto: AP Photo/Pablo Martinez Monsivais
Presiden AS Donald Trump.

REPUBLIKA.CO.ID, HANOI -- Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump telah tiba di Vietnam, Jumat (10/11). Kedatangannya adalah untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (APEC).

Gedung Putih mengatakan Trump akan menyampaikan sebuah pidato di resor pantai Danang. "Presiden akan menetapkan visi AS untuk wilayah Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka," kata Gedung Putih dalam sebuah pernyataan.

Vietnam adalah negara keempat yang dikunjungi Trump dalam lawatannya ke Asia. Sebelumnya, ia telah mengunjungi Jepang, Korea Selatan (Korsel), dan Cina.

Kunjungannya ke tiga negara sebelum Vietnam dimanfaatkan Trump untuk membahas isu Korut. Jepang dan Korsel diketahui merupakan sekutu AS dalam menghadapi ketegangan di Semenanjung Korea.

Sedangkan Cina berada di posisi yang cenderung netral. Cina tak memihak AS maupun Korea Utara (Korut) terkait ketegangan di Semenanjung Korea. Namun Beijing menegaskan, bila AS terlebih dulu memulai peperangan terhadap Korut, mereka akan berada di sisi Pyongyang.

Sebaliknya, bila Korut memulai peperangan terlebih dulu terhadap AS atau sekutunya, mereka tak akan membantu Pyongyang dan akan menolong AS.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement