Selasa , 14 November 2017, 22:49 WIB

Senat AS Sindir Pertemuan Trump dan Duterte

Rep: rizkiyan adiyudha/ Red: Budi Raharjo
AP
Presiden Donald Trump (kiri) bersama Presiden Filipina, Rodrigo Duterte (kanan)
Presiden Donald Trump (kiri) bersama Presiden Filipina, Rodrigo Duterte (kanan)

REPUBLIKA.CO.ID,WASHINGTON -- Pertemuan Presiden Donald Trump dan Presiden Filipina Rodrigo Duterte disindir oleh anggota Senat Amerika Serikat John Mccain. Dia mengkritik Trump yang mengesampingkan pembahasan isu HAM dalam pertemuan tersebut.

"Hak Asasi Manusia jelas tidak menjadi prioritas dalam pertemuan dengan Duterte," tulis Mccain dalam akun twitter-nya seraya menyebut akun resmi Presiden AS seperti diwartakan Independent, Selasa (14/11).

Kicauan itu dilontarkan Mccain setelah Gedug Putih mengindikasikan adanya pembahasan perang narkoba yang digencarkan Duterte. Pelanggaran HAM diduga terjadi selama perang tersebut.

Dalam pertemuan itu Trump memilih untuk fokus dalam bahasan berbeda selain isu HAM. Presiden Amerika ke-45 itu lantas mengatakan memiliki hubungan baik dengan Rodrigo Duterte.

Meski demikian, Duterte membantah dirinya telah melakukan pelanggaran HAM. Juru Bicara Presiden Filipina Harry Roque mengatakan, isu HAM memang tidak dibicarakan dalam pertemuan kedua kepala negara tersebut. "Tidak ada pembahasan HAM, tidak disebutkan juga pembunuhan ekstralegal," kata Harry Roque seperti diwartakan Independent, Selasa (14/11).

Dia mengatakan, Trump hanya menunjukkan rasa simpatinya dengan menganggukkan kepala untuk mengerti masalah yang terjadi. Kendati, dia melanjutkan, Trump tidak memiliki posisi untuk menyelesaikan masalah regional di Filipina.