Jumat 17 Nov 2017 08:50 WIB

George HW Bush Kembali Dituduh Lakukan Pelecehan Seksual

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Teguh Firmansyah
Mantan Presiden George HW Bush
Foto: AP
Mantan Presiden George HW Bush

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Presiden ke-41 Amerika Serikat (AS) George HW Bush kembali dituduh melakukan pelecehan seksual. Kali ini ia dituduh meraba-raba seorang wanita saat masih menjabat sebagai presiden.

Seorang wanita Michigan mengatakan kepada CNN, Bush pernah meremas pantatnya saat mereka berfoto bersama di acara penggalangan dana kampanye pada 1992. Wanita yang tidak menyebutkan namanya itu mengaku menghadiri acara tersebut bersama ayahnya.

"Kami mendekat untuk melakukan foto bersama dan kemudian 'Holy crap!'" dia mengungkapkan rasa terkejutnya saat disentuh Bush.

Bush (93 tahun) sebelumnya telah menghadapi beberapa tuduhan pelecehan seksual terhadap sejumlah wanita dalam beberapa pekan terakhir. Namun semua tuduhan itu diakui korban terjadi setelah Bush lengser dari jabatannya sebagai presiden.

Korban terbaru Bush ini terungkap saat mantan suami dan sahabatnya bercerita kepada CNN. Mereka mengatakan serentetan tuduhan pelecehan yang diajukan terhadap Bush meyakinkannya untuk berani berbicara.

"Semua fokus pada: 'Dia sudah tua' Oke, tapi dia belum tua saat pelecehan itu terjadi pada saya. Saya telah memperdebatkan apa yang harus dilakukan mengenai hal ini," kata wanita yang menjadi wanita keenam yang menuduh Bush melakukan pelecehan.

Aktor Joanna Grolnick yang juga mengaku sebagai korban Bush, menjelaskan kepada Deadspin bagaimana dia bertemu dengan Bush. "Kami semua mengelilingi dia dan [mantan ibu negara] Barbara untuk mengambil foto, dan saya berada tepat di sebelahnya," jelas Grolnick.

"Kemudian tangan kanannya ke belakang saya, dan saat kami tersenyum untuk foto itu dia bertanya kepada kelompok kami, 'Apakah Anda tahu siapa pesulap favorit saya? David Cop-a-Feel!' katanya sambil meremas saya," ungkap Grolnick

Juru bicara Bush, Jim McGrath, tidak menanggapi permintaan komentar tentang tuduhan terbaru tersebut. Namun bulan lalu McGrath sudah mengeluarkan permintaan maaf atas nama Bush. "Di usianya yang ke-93, Presiden Bush telah duduk di kursi roda selama sekitar lima tahun, jadi lengannya jatuh di pinggang bawah orang yang berfoto bersamanya," kata McGrath dalam sebuah pernyataan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement