Kamis 23 Nov 2017 03:27 WIB

Kecelakaan Pesawat Pribadi Meningkat dalam Satu Dekade

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Winda Destiana Putri
Pesawat jet pribadi.
Foto: Pxhere
Pesawat jet pribadi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kecelakan pesawat pribadi di Amerika serikat telah mengalami peningkatan 20 persen dalam satu dekade. Terakhir, mantan pebasket berusia 40 tahun meninggal setelah mengalami kecelakaan pada 7 November lalu.

Padahal dirinya baru saja mendapatkan lisensi pilotnya, dan menerbangkan Icon A5 di lepas pantai florida. Kecelakaan yang menimpa pesawat pribadi juga terjadi pada 4 November 2017 di Alva, Oklahoma. Kecelakaan tersebut menewaskan dua orang. Yang paling parah terjadi pada Maret 2017, dimana sebuah pesawat pribadi yang terbang dari Los Angles ke Aspen, Colorado jatuh, dan menewaskan 18 orang.

"Pesan bahwa saya telah mencoba untuk keluar adalah industri penerbangan telah memperbaiki tingkat kecelakaan mereka di AS hampir 80 persen selama 10 tahun terakhir, industri penerbangan umum telah rata," kata Earl Weener, pakar keselamatan penerbangan dan anggota National Safety Safety Board (NTSB), dikutip dari Livescience.

Statistik nasional tentang kecelakaan penerbangan umum disimpan oleh NTSB dan Federal Aviation Administration (FAA), sejak tahun 1970-an, menunjukkan perbaikan dalam keselamatan, termasuk penurunan 75 persen jumlah kematian akibat kecelakaan penerbangan umum. Weener mengatakan, tingkat kecelakaan pada penerbangan umum tetap tidak berubah selama dekade terakhir.

Menurut laporan NTSB 2010, tingkat kematian lebih dari 1 kematian per setiap 100 ribu jam. Sementara kecelakaan dan kematian turun dalam penerbangan korporat dan bisnis jet. Di sisi lain tingkat kecelakaan dalam penerbangan pribadi telah meningkat sebesar 20 persen dalam dekade terakhir, dan tingkat kematian untuk penerbangan pribadi naik 25 persen.

Pada 2013, ada 1.297 kecelakaan penerbangan umum. Angka itu turun dari 1.539 pada tahun 2012. Selain itu, angka tahun 2013 dari 387 korban jiwa dalam kecelakaan umum penerbangan adalah yang terendah dalam beberapa dasawarsa.

Angka tersebut mencapai tingkat kematian total 1,05 per 100 ribu jam terbang. Sebagai perbandingan, hanya dua orang yang tewas dalam kecelakaan pesawat komersial pada tahun 2013, kedua awak pesawat tersebut melakukan penerbangan UPS Airlines yang jatuh di Birmingham, Alabama. Korban tewas adalah korban penerbangan komersial pertama yang masuk dalam penerbangan domestik dalam tiga tahun.

Dalam jumlah mentah, transportasi paling mematikan bagi orang Amerika adalah mobil keluarga. Setiap tahun, lebih dari 30 ribu orang meninggal dalam kecelakaan lalu lintas, dibandingkan dengan 400 orang yang tewas dalam kecelakaan penerbangan umum. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement