Rabu 22 Nov 2017 17:41 WIB

Mnangagwa Dilantik Sebagai Presiden Zimbabwe pada Jumat

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Teguh Firmansyah
Emmerson Mnangagwa.
Foto: AP/Tsvangirayi Mukwazhi
Emmerson Mnangagwa.

REPUBLIKA.CO.ID, HARARE -- Mantan Wakil Presiden Zimbabwe Emmerson Mnangagwa akan disumpah pada Jumat (25/11) besok. Mnangagwa menggantikan Presiden Robert Mugabe yang secara sukarela mundur dari jabatannya.

Seperti diwartakan RT, Rabu (22/11) Emmerson Mnangagwa merupakan pejabat yang dipecat Mugabe awal bulan ini. Pria 75 tahun itu lantas melarikan diri dengan alasan kesematan jiwa sejak 6 November kemarin.

Sementara, Emmerson Mnangagwa akan tiba di tanah airnya pada Rabu (22/11) pukul 11.30 waktu setempat. Dia akan mendarat di pangkalan udara Manyame di Harare.

Dalam pelarian, Mnangagwa sempat diundang Mugabe untuk kembali dan mendiskusikan kekacauan politik baru-baru ini. Kendati begitu dia enggan memenuhi undangan tersebut.

Mnangagwa juga sempat meminta agar Mugabe segera mundur sebelum akhirnya Mugabe benar-benar mengundurkan diri. Menurut dia rakyat Zimbabwe sudah tak puas dengan kepemimpinan Mugabe dan menginginkan kepemimpinan yang baru.

Sementara, pengunduran diri Mugabe dirayakan meriah di parlemen ketika Ketua Parlemen Jacob Mudenda mengumumkan bahwa presiden Zimbabwe itu sudah mundur. Dengan demikan, parlemen menghentikan proses pemakzulan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement