Kamis 23 Nov 2017 17:41 WIB

Mundur dari Kursi Presiden, Bagaimana Kondisi Mugabe?

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Teguh Firmansyah
Presiden Zimbabwe Robert Mugabe menyampaikan pidato di Istana Negara di Harare, Ahad, (19/11).
Foto: AP Photo
Presiden Zimbabwe Robert Mugabe menyampaikan pidato di Istana Negara di Harare, Ahad, (19/11).

REPUBLIKA.CO.ID, HARARE -- Emmerson Mnangagwa bersiap untuk menjadi presiden baru Zimbabwe, Kamis, (23/11). Namun perhatian beralih ke nasib mantan presiden Robert Mugabe dan istrinya Grace. Publik bertanya bagaimana keadaan mereka.

Mugabe yang berusia 93 tahun  mengundurkan diri pada Selasa saat anggota parlemen mulai melakukan pemungutan suaran. Mugabe belum terlihat keluar sejak pidato menakjubkannya pada Ahad malam saat dia menolak seruan untuk mundur.

Mugabe disebut masih tinggal di ibu kota Harare dengan Grace. Namun tidak jelas kondisi mereka. Ada yang bertanya-tanya apakah mantan presiden tersebut telah mendapatkan jaminan perlindungan, termasuk kekebalan dari penuntutan?

Sebuah foto yang beredar di media sosial, dikatakan diambil pekan ini. Foto itu menunjukkan Mugabe dan istrinya duduk di sofa dengan tiga orang penasihat berdiri di belakang mereka. Grace Mugabe tampak sedih.

Padahal sebelumnya dia dijanjikan akan menjadi wakil presiden menggantikan Mnangagwa yang dipecat suaminya sebagai wakil presiden. Sedangkan dalam foto itu, tampak   Mugabe menutup matanya. Namun foto itu tidak bisa segera diverifikasi.

Mnangagwa akan dilantik pada Jumat setelah kembali dengan kemenangan ke Zimbabwe. Dia  melarikan diri tak lama setelah dipecat, ia mengaku hidupnya terancam.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement