Jumat 24 Nov 2017 09:49 WIB

Zambia Bantah Laporan Mugabe Minta Suaka

Ketua Parlemen Zimbabwe Jacob Mudenda membacakan surat pengundurandiri Presiden Mugabe,
Foto: Aaron Ufumeli/EPA-EFE
Ketua Parlemen Zimbabwe Jacob Mudenda membacakan surat pengundurandiri Presiden Mugabe,

REPUBLIKA.CO.ID, LUSAKA -- Pemerintah Zambia pada Kamis (23/11) membantah laporan mantan presiden Zimbabwe Robert Mugabe meminta suaka di Zambia.

Telah beredar laporan di media sosial mantan presiden Zimbabwe yang berusia 93 tahun tersebut sedang mempertimbangkan mengajukan permintaan suaka di Zambia setelah 37 tahun masa kekuasaanya berakhir.

Namun Menteri Luar Negeri Zambia Harry Kalaba mengatakan Mugabe belum melakukan pendekatan pada Pemerintah Zambia untuk meminta suaka. Ditambahkannya, beberapa laporan mesti diperlakukan semata-mata sebagai spekulasi.

Ia menyatakan Pemerintah Zambia belum didekati oleh Mugabe atau satu pun wakilnya. Laporan lain mengatakan mantan pemimpin Zimbabwe itu sebelumnya ingin tetap tinggal di Zimbabwe dan tidak hidup di pengasingan.

Sementara itu, Presiden Zambia Edgar Lungu dijadwalkan berada di Zimbabwe pada Jumat untuk menghadiri pelantikan pemimpin baru negeri tersebut Emmerson Mnangagwa. Menteri Luar Negeri itu mengatakan keputusan Lungu menghadiri upacara tersebut ditujukan untuk lebih mengkonsolidasikan hubungan antara kedua negara itu.

Sumber: Mundur dari Presiden, Mugabe Dapat 'Kekebalan'

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement