Sabtu 25 Nov 2017 13:54 WIB

Meksiko Buat Taman Nasional Laut Terbesar di Amerika Utara

Rep: Fergi Nadira/ Red: Nidia Zuraya
Biota Laut
Foto: Antara
Biota Laut

REPUBLIKA.CO.ID, MEKSIKO CITY -- Pemerintah Meksiko akhirnya menciptakan taman nasional laut di sekitar Kepulauan Revillagigedo yang berada di lepas pantai tenggara negara Meksiko. Taman nasional laut ini nantinya akan menampung ratusan species termasuk pari, paus dan kura-kura.

Dilansir BBC News, Sabtu (25/11), zona perlindungan satwa laut ini dibuat seluas 5 ribu mil persegi atau sekitar 150 ribu kilo meter. Zona perlindungan ini akan menjadi taman nasional laut terbesar di Amerika Utara.

Dengan adanya langkah ini pemerintah Meksiko berarti melarang aktivitas memancing. Selain itu diharapkan langkah ini akan membantu memulihkan adanya penangkapan ikan komersil yang hasil satwa-satwa lautnya akan diperjual belikan. Pengamanan taman nasional laut ini akan dipatroli secara rutin oleh angkatan laut Meksiko.

Taman nasional laut ini dibuat berdasarkan keputusan langsung dari Presiden Meksiko, Enrique Pena Nieto. Pembuatan taman nasional ini juga sekaligus melarang keras pengambilan sumber daya alam dari tanah Meksiko ataupun pelarangan pembangunan infrastuktur hotel baru yang melibatkan penggunaan tanah Meksiko.

Berada di konvergensi dua arus laut, pulau Revillagigedo merupakan pusat perairan terbuka bertemunya species yang berimigrasi. Wilayah kelautan ini memiliki ratusan jenis satwa laut termasuk paus bungkuk yang menggunakan perairan dangkal dan pesisir di sekitar pulau untuk berkembang biak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement