Kamis 30 Nov 2017 03:36 WIB

Duterte Beri Penghargaan ke Gerakan Pramuka

Rep: Dwina Agustin/ Red: Esthi Maharani
Presiden Filipina Rodrigo Duterte.
Foto: Wu Hong/Pool Photo via AP
Presiden Filipina Rodrigo Duterte.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Bidang Hubungan Luar Negeri yang juga Duta Besar RI untuk Kerajaan Thailand, Ahmad Rusdi mendapatkan penghargaan dari Presiden Filipina Rodrigo Roa Duterte. Penghargaan tersebut untuk kategori Chief Scout Award atau Pemimpin Pramuka terbaik untuk Pramuka Kawasan Asia-Pasifik (Asian Pacific Regional Scout).

Penghargaan itu diberikan saat pembukaan Jamboree ASEAN ke-6 di Energy Park, Apokon, Tagum City, Davao del Norte, Filipina. Kegiatan berlangsung tanggal 27 November sampai 2 Desember 2017 itu diikuti 29.500 peserta, panitia dan pembina dari negara-negara ASEAN.

Ahmad Rusdi mendapatkan penghargaan itu karena dianggap berjasa dalam membangun kerjasama antara kedua negara dalam hal pengembangan organisasi kepramukaan. Bukan hanya di Filipina dan Indonesia, namun, seluruh anggota National Scout Organization (NSO) kawasan Asia Tenggara dan Asia Pasifik. Sebelum ini penghargaan juga diberikan oleh Pramuka Brunei Darussalam dan Korea Selatan kepada Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Adhyaksa Dault.

"Penghargaan diberikan untuk orang-orang terhormat sebagai pengakuan atas layanan dan kontribusi mereka yang baik terhadap pertumbuhan dan perkembangan Gerakan Pramuka di Filipina dan di NSO (organisasi pramuka nasional) masing-masing," tulis surat yang sudah disalin dalam bahasa Indonesia tersebut, dikutip dari siaran pers yang diterima Republika.co.id, Rabu (29/11).

Ahmad Rusdi menyatakan, penghargaan tersebut bukan hanya miliknya. Tapi, milik semua pihak yang sudah sama-sama membantu dan bekerja demi jayanya Pramuka di ASEAN.

"Karena tanpa bantuan dan dukungan dari Gerakan Pramuka Indonesia dan juga para anggota Pramuka, NSO kita tidak mungkin bisa bekerja secara maksimal," kata Rusdi.

Ahmad Rusdi menjadi anggota Committee di tingkat Asia Pasifik, dan saat ini juga menjabat sebagai Duta Besar Indonesia untuk Thailand. Pada April 2017, Indonesia juga dipercaya menjadi tuan rumah pertemuan Pimpinan Pramuka se-Asia Pasifik di Bali. Saat itu, Gerakan Pramuka mendapat penghargaan sebagai penyelenggara kegiatan terbaik dalam sejarah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement