Jumat , 08 Desember 2017, 02:10 WIB

Kebakaran di California Menyebar dengan Cepat

Rep: Puti Almas/ Red: Esthi Maharani
Noah Berger/AP
'Thomas Fire' (kebakaran yang melanda California) 'menyeberangi' jalan  Ventura, California, Amerika Serikat.
'Thomas Fire' (kebakaran yang melanda California) 'menyeberangi' jalan Ventura, California, Amerika Serikat.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Kebakaran di California telah membuat banyak warga yang harus waspada. Termasuk dengan mereka yang berada di lingkungan Bei-Air, Los Angeles.

Api yang menyebar dengan cepat di banyak titik wilayah di California membuat para warga di lingkungan tersebut harus melakukan evakuasi secepatnya. Menurut laporan, api yang yang disebut dengan istilah Skirball di sana telah membuat beberapa rumah hancur di Los Angeles.

Kebakaran telah tersebar hingga lebih dari 150 hektar lahan di Los Angeles. Sementara, secara keseluruhan api yang disebut sebagai Thomas menyebar hampir 90 ribu hektar di sejumlah wilayah California.

Layanan pemadam kebakaran California mengatakan sebanyak 12 ribu bangunan terancam bahaya dengan pergerakan api yang begitu cepat. Angin kecang disebut menjad faktor utama pergerakan api terjadi begitu cepat.

Pihak berwenang di negara bagian Amerika Serikat (AS) itu telah mengeluarkan peringatan ungu. Ini merupakan peringatan paling darurat yang pernah dikeluarkan sepanjang bencana kebakaran yang terjadi di wilayah tersebut.

Evakuasi penduduk menjadi prioritas utama pihak berwenang California. Hampir seluruh aktivitas di sana ditiadakan, termasuk dengan kegiatan belajar mengajar di sekolah maupun universitas.