Rabu 13 Dec 2017 02:39 WIB

Tak Hanya Jakarta, Wilayah Ini Juga Dilanda Banjir

Rep: Sri Handayani/ Red: Indira Rezkisari
Pengendara sepeda motor melintasi banjir yang menggenangi kawasan Semanggi di Jakarta, Senin (11/12).
Foto: Antara/Muhammad Adimadja
Pengendara sepeda motor melintasi banjir yang menggenangi kawasan Semanggi di Jakarta, Senin (11/12).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ibu Kota Jakarta beberapa hari ini dilanda cuaca ekstrem yang menyebabkan banjir dan genangan di sejumlah wilayah. Rupanya, kondisi ini tak hanya melanda Jakarta, namun juga beberapa kota lain di dunia.

Media Malaysia The Star melaporkan sebanyak 129 orang dari desa-desa rawan banjir di Kota Belud dievakuasi dua hari lalu (11/12). Sungai Kadamara meluap setelah hujan lebat di pantai barat Sabah sejak Senin malam.

Pada jam 07.30 pagi waktu setempat, hari Selasa (!2/12), pengungsi dari 26 kampung mengungsi ke Balai Komunitas Tun Said. Cuaca dikabarkan mulai membaik.

Personel dari Pertahanan Sipil terus memantau situasi karena hujan lebat diperkirakan akan melanda negara bagian itu selama tiga sampai empat hari. "Banjir air surut tapi kami masih memantau karena kami memperkirakan akan terjadi hujan lagi," kata seorang juru bicara.

Beberapa jalan juga dibanjiri kendaraan yang tak bisa melintas. Sebanyak 144 personil dari pembela sipil, petugas pemadam kebakaran, polisi, dan juga sukarelawan terlibat dalam evakuasi korban.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement