Sabtu 16 Dec 2017 14:32 WIB

Tentara Korut yang Terluka Parah Dibawa ke RS Militer Seoul

Rep: Puti Almas/ Red: Budi Raharjo
Pembelot Korut terlihat melarikan diri menuju wilayah Korsel.
Foto: Youtube/NBC News
Pembelot Korut terlihat melarikan diri menuju wilayah Korsel.

REPUBLIKA.CO.ID,SEOUL -- Seorang tentara Korea Utara (Korut) yang terluka parah setelah ditembak saat melintasi perbatasan menuju ke Korea Selatan (Korsel) telah dibawa ke rumah sakit militer. Pejabat intelijen Korsel melaporkan ini pada Sabtu (16/12).

Tentara Korut tersebut diketahui bernama Oh Chong Song. Ia sebelumnya dirawat di Rumah Sakit Universitas Ajou, di mana ia tak hanya menjalani pengobatan untuk luka fisik, namun kesehatan mental karena trauma.

"Oh Chong Song telah dipindahkan ke rumah sakit militer di Korea Selatan (Korsel) dan dinas intelijen akan menjadwalkan proses pemeriksan keamanan terhadapnya, tergantung pada kondisinya," ujar seorang pejabat intelijen tersebut.

Meski demikian, pejabat yang menolak untuk menyebutkan nama tersebut tak dapat memberikan keterangan rinci lainnya mengenai Oh Chong Song. Ia hanya mengatakan bahwa tentara Korut tersebut melarikan diri melintasi perbatasan ke Korsel pada November lalu.

Kemudian, ia ditemukan dan dibawa oleh tiga tentara Korsel ke tempat yang lebih aman. Oh Chong Song sempat menjalani operasi besar sebanyak dua kali pasca penembakan tersebut.

Ahli bedah yang saat itu menangani Oh Chong Song mengatakan saat ini dirinya masih dalam tahap pemulihan setelah operasi. Beberapa luka ringan juga terdapat dalam tubuhnya.

"Staf medis di rumah sakit militer kan terus memberi perawatan yang tepat untuk Oh Chong Song dan saat ini kondisinya secara keseluruhan telah stabil," ujar seorang pejabat Kementerian Pertahanan Korsel.

sumber : reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement