Ahad 17 Dec 2017 17:13 WIB

Trump Sebut Cina Kompetitor di Bidang Keamanan

Rep: Fuji Pratiwi/ Red: Ani Nursalikah
Presiden AS Donald Trump dan Presiden Cina Xi Jinping di Great Hall of the People di Beijing, Cina.
Foto: AP Photo/Andrew Harnik
Presiden AS Donald Trump dan Presiden Cina Xi Jinping di Great Hall of the People di Beijing, Cina.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Presiden AS Donald Trump akan menata ulang strategi keamanan nasional AS berdasarkan kebijakan America First yang ia usung. Di antara yang akan ditata termasuk sikap terhadap Cina yang disebut Trump sebagai kompetitor.

Dua sumber pejabat tinggi senior AS pada Ahad (17/12) menyebut strategi keamanan nasional seharusnya dipandang sebagai cara melihat tantangan yang dimiliki Cina. Strategi yang masih dalam bentuk draf ini juga akan menarik deklarasi yang dibuat mantan Presiden Barack Obama pada 2016 soal ancaman perubahan iklim terhadap keamanan nasional AS.
 
Trump juga akan mengubah prioritas kebijakan luar negeri AS dan akan menekankan kebijakan "America First" dalam urusan militer, penumpasan milisi, dan urusan dagang yang membuat AS bisa lebih kompetitif.
 
Trump memuji Presiden Cina Xi Jinping sambil meminta Beijing meningkatakan tekanan terhadap Korea Utara atas program nuklirnya. Trump juga meminta mereka mengubah praktik perdagangan yang lebih memudahkan AS.
 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement