Senin 18 Dec 2017 07:20 WIB

Pangeran Henry Wawancarai Mantan Presiden Obama

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Agus Yulianto
Pangeran Harry memberi ucapan selamat ulang tahun pada Ratu Elizabeth II (Ilustrasi)
Foto: Hellomag
Pangeran Harry memberi ucapan selamat ulang tahun pada Ratu Elizabeth II (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Pangeran Henry Charles Albert David telah melakukan wawancara dengan mantan Presiden Obama. Istana Kensington dalam salah satu postingan twitternya menyatakan, wawancara tersebut akan disiarkan di BBC Radio 4 saat Harry bertindak sebagai editor tamu pada 27 Desember.

Dilansir dari ABC News, wawancara tersebut berfokus pada Pangeran Herry dan Obama yang membagi minat mereka dalam membangun platform bagi generasi muda yang akan menjadi pemimpin generasi berikutnya. Menurut Istana Kensington dalam wawancara juga dibahas kenangan Obama pada hari dirinya meninggalkan kantor dan harapannya untuk kehidupannya setelah selesai menjabat sebagai Presiden.

Percakapan tersebut juga mencakup rencana mantan Presiden dan Michelle Obama untuk fokus pada pengembangan generasi penerus dan pemimpin melalui Yayasan Obama yang baru saja mereka bangun. Pangeran Harry dan Obama telah saling mendukung dalam sejumlah inisiasi bersama termasuk dukungan Obama dalam dua pertandingan terakhir Invictus Games dan kehadiran Pangeran Harry di pertemuan perdana Yayasan Obama di Chicago akhir Oktober lalu.

Pangeran Henry bergabung dengan keluarga Obama di puncak untuk sebuah panel diskusi dimana Henry membuka diri tentang bagaimana dirinya memahami perannya dalam melakukan pelayanan publik. "Apa yang terjadi pada ibuku membuatku mundur beberapa langkah. Bagaimana mungkin seseorang seperti dia yang melakukan begitu banyak hal diperlakukan seperti itu," ujar Harry dilansir dari ABC News pada Senin (18/12).

Henry kemudian mengatakan, bahwa saat dirinya di militer membantunya memahami konsep "tugas dan pelayanan". Dirinya juga menambahkan, bahwa saat ini ingin menggunakan kedudukannya untuk menormalkan diskusi tentang kesehatan mental.

Pangeran Henry dan Michelle Obama juga mengejutkan sekitar 20 siswa di Hyde Park Academy sebuah Sekolah Menengah Atas (SMA) di Chicago bagian Selatan yang terletak berseberangan dengan lokasi masa depan Obama Presidential Center.

"Percakapan hangat dan luas yang berlangsung lebih dari satu jam, mencakup bagaimana Obama Presidential Center akan menampilkan sisi selatan Chicago untuk masyarakat global, pentingnya remaja untuk tetap terinspirasi dan penuh harapan, dan kekuatan transformatif siswa dalam menggunakan suara mereka untuk merubah dunia," ujar mantan direktur komunikasi wanita pertama, Caroline Adler Morales dalam sebuah pernyataan yang diberikan kepada ABC News.

Awal musim gugur tahun ini, Presiden Obama bergabung dengan Pangeran Henry di Toronto Invictus Games. Di tahun 2016, Michelle Obama memimpin upacara pembukaan Invictus Games di Orlando, Florida bersama Pangeran Harry.

Keluarga Obama mengunjungi Inggris untuk kunjungan kenegaraan pada tahun 2011 dan Pangeran William, Putri Kate, serta Harry membalas kunjungan tersebut dengan mengundang Presiden dan ibu Negara ke Istana Kensington pada bulan April 2016 yang menunjukkan persahabatan mereka.

Keluarga Obama juga bertemu dengan Pangeran George untuk pertama kalinya saat makan malam dimana Obama menantang Henry dan mengakibatkan video viral Ratu Elizabeth dan Henry menanggapi postingan twitter Obama.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement