Senin 18 Dec 2017 09:03 WIB

Kolera Renggut 20 Nyawa di Zambia

Penderita penyakit kolera (ilustrasi)
Foto: EPA/Orlando Barria
Penderita penyakit kolera (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, LUSAKA -- Sedikitnya 20 orang telah meninggal akibat kolera di Ibu Kota Zambia, Lusaka, sejak wabah penyakit yang menular melalui air tersebut menyebar di negeri tersebut pada Oktober, kata lembaga kesehatan pada Sabtu (16/12).

Sebanyak 20 kasus baru kolera dilaporkan pada Rabu (13/12), sehingga jumlah total penularan mencapai 760 sejak wabah itu menyebar di Zambia, kata Kementerian Kesehatan Zambia.

Kepala Bagian Komunikasi dan Hubungan Luar di Kementerian tersebut Stanslous Ngosa mengatakan hanya 57 pasien saat ini menerima perawatan di rumah sakit walaupun kebanyakan dari mereka sudah dirawat dan diperkenankan pulang.

Ngosa menambahkan Kementerian itu terus melanjutkan langkah pemantauan dengan tujuan mencegah penyebaran penyakit tersebut. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah memperingatkan penyebaran lebih lanjut penyakit yang menular melalui air itu dengan datangnya musim hujan.

Kementerian Kesehatan, melalui kerja sama denga departemen lain telah melarang penjualan makanan siap-saji di jalan dalam upaya mencegah penyebaran penyakit tersebut. Kolera terutama muncul di daerah kumuh dengan penduduk padat di Sub-Distrik Chipata dan Kanyama di Zambia, sementara kasus terpisah juga telah dilaporkan di beberapa bagian lain negeri itu.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement