Selasa 19 Dec 2017 08:18 WIB

Trump: AS tidak Punya Pilihan Selain Hadapi Korea Utara

Rep: Hasanul Rizqa/ Red: Esthi Maharani
Rudal Korea Utara
Foto: republika
Rudal Korea Utara

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menjelaskan perlunya terobosan untuk menghadapi ancaman nuklir Korea Utara. Hal ini disampaikannya melalui pidato pada Senin (18/12) waktu setempat.

Reuters, Selasa (19/12) melaporkan, Trump mengatakan AS tidak punya pilihan selain menghadapi ancaman nuklir Korea Utara. Seperti diketahui, hubungan AS dengan rezim Kim Jong-un itu cukup tegang belakangan ini.

Menurut Trump, terobosan yang dimaksud perlu mencabut aturan tentang batas anggaran belanja di bidang pertahanan. Namun, Trump tidak menyebut perlunya berkonsultasi dengan Kongres sebelum pencabutan aturan tersebut.

"Kita mengakui bahwa kelemahan dapat menjadi jalan munculnya konflik. Kemudian, (memiliki) kekuatan yang tak terkalahkan merupakan upaya pertahanan yang paling meyakinkan," ujar Donald Trump, seperti dikutip Reuters, Selasa (19/12).

Dia juga menilai perlunya keamanan ekonomi dalam negeri dan pembangunan kembali infrastruktur AS serta keamanan di wilayah perbatasan AS-Meksiko.

Dalam kesempatan yang sama, politikus Partai Republik itu mengimbau Pakistan, sebagai salah satu negara sekutu. Menurutnya, Pakistan perlu mengambil sikap yang tegas dalam menghadapi ekstremisme.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement