Kamis 21 Dec 2017 21:00 WIB

Kebakaran Sauna Tewaskan 18 Orang di Korsel

Rep: Crystal Liestia Purnama/ Red: Fitriyan Zamzami
ilustrasi Kebakaran
Foto: Republika / Darmawan
ilustrasi Kebakaran

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Kebakaran hebat melanda sebuah gedung pusat olahraga dan tempat sauna umum di Korea Selatan (Korsel). Kebakaran tersebut mengakibatkan 18 orang meninggal dan puluhan lainnya terluka.

Kebakaran yang terjadi di kota Jecheon tersebut terjadi pada pukul 16.00 waktu setempat. Api dengan cepat menelan gedung bertingkat delapan tersebut dan menjebak orang-orang di dalamnya.

Menurut Badan Pemadam Kebakaran Nasional Korsel yang dikutip Telegraph, Kamis (21/12), 16 korban tewas ditemukan di tempat sauna dan dua lainnya di tempat lain di gedung tersebut. Seperti dijelaskan dalam tayangan televisi, kepulan asap keluar dari gedung yang telah dipenuhi api itu.

Sedangkan orang-orang berdiri di teras luar ruangan untuk menunggu diselamatkan. "Api menghasilkan asap beracun begitu cepat yang mengakibatkan banyak orang tidak bisa menyelamatkan diri," katajuru bicara pemadam kebakaran.

Kebakaran itu diyakini berasal dari tempat parkir di lantai pertama. Juru bicara pemadam kebakaran tersebut mengatakan petugas telah mengevakuasi sebagian korban, namun jumlah korban tewas diperkirakan dapat meningkat seiring petugas terus melakukan pencarian korban.

Jecheon berada di tengah Korsel, sekitar 120 kilometer di tenggara dari ibu kota, Seoul. Sementara Presiden Moon Jae-In menyesalkan kecelakaan tersebut, dan mendesak para pejabat berwenang untuk segera melakukan upaya maksimal untuk menyelamatkan dan mencari korban.

Kebakaran terburuk di era modern di Korsel terjadi pada 2003 saat serangan pembakaran di stasiun bawah tanah di kota Daegu tenggara yang menewaskan 192 orang. n

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement