Sabtu 30 Dec 2017 04:46 WIB

Dua Penyakit yang Buat Harapan Hidup Rakyat Amerika Menurun

Rep: Fuji Pratiwi/ Red: Karta Raharja Ucu
Penyakit jantung/ilustrasi
Foto: Wikipedia
Penyakit jantung/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Menurut laporan Pusat Pengendalian dan Pencegaha Penyakit Nasional AS (CDC), harapan hidup warga AS turun dalam dua tahun berturut-turut. Pemicu utamanya adalah masalah jantung dan kanker.

Pada 2016, harapan hidup warga AS sekitar 78,6 tahun. Angka itu 0,1 tahun lebih rendah dari catatan pada 2015.

Harapan hidup populasi pria AS turun dari 76,3 tahun pada 2015 menjadi 76,1 tahun pada 2016. Sementara tingkat harapan hidup wanita tetap sama di kedua periode tersebut, yakni 81,1 tahun, demikian dilansir Science News, beberapa waktu lalu.

Gangguan jantung dan kanker merupakan penyebab utama kematian warga AS pada 2016. Dalam daftar 10 besar faktor penyebab kematian warga AS selain dua penyakit tersebut, di dalamnya juga termasuk Alzheimer, diabetes, influenza, pneumonia, gagal ginjal, dan bunuh diri.

Selain itu, faktor pemicu kematian non penyakit seperti kecanduan narkoba, kecelakaan lalu lintas, gangguan pernapasan kronis seperti asma, dan stroke juga signifikan. Secara keseluruhan, peningkatan kematian karena faktor non penyakit merupakan yang peningkatannya lebih tinggi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement