Rabu 03 Jan 2018 08:08 WIB

Puluhan Orang Tewas Akibat Bus Wisata Terjun dari Tebing

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Gita Amanda
Kecelakaan lalu lintas. Ilustrasi
Foto: Republika
Kecelakaan lalu lintas. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, PERU -- Sedikitnya 36 orang tewas setelah sebuah bus wisata jatuh menuruni tebing setinggi 100 meter dan terbalik di sebuah pantai di Peru. Kementerian Kesehatan menyatakan enam orang yang selamat telah ditarik dari reruntuhan untuk dibawa ke Rumah Sakit.

Dilansir dari BBC, kecelakaan itu terjadi di sepanjang jalan yang dikenal dengan Curva del Diablo (tikungan setan) di Pasamayo, sebelah utara ibu kota Lima. Seorang petugas transportasi mengatakan bus tersebut membawa sekitar 50 orang.

 

Jalan Samudera Pasifik yang berkelok-kelok dan berangin dianggap sebagai salah satu yang paling berbahaya di Peru. "Ini menyakitkan bagi seluruh negeri dengan adanya kecelakaan ini," ujar Presiden Peru Pedro Pablo Kuczynski. Dirinya juga mengiriman pesan duka mendalam bagi keluarga korban.

 

Kepala transportasi Peru Dino Escudero mengatakan sebuah penyelidikan telah dilakukan, hasilnya ternyata bus tersebut sebelumnya mengalami tabrakan dengan kendaraan lain yang menyebabkan pengemudi kehilangan kontrol. Helikopter digunakan untuk membantu operasi penyelamatan.

 

Bus wisata tersebut diketahui telah melakukan perjalanan menuju Lima dari Huacho, sekitar 130 kilometer (km) utara ibu kota. Seorang koresponden mengatakan kecelakaan di jalan, umum terjadi di Peru. Menurut data resmi pada 2016 sebanyak 493 orang terbunuh di lebih dari 3.800 kasus kecelakaan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement