Kamis 04 Jan 2018 08:39 WIB

Perhiasan Jutaan Euro Dicuri dari Doge's Palace Venesia

Perhiasan dari Pameran Mughal dan Maharaja di Doge's Palace, Venesia, Italia. Pada pagi 3 Januari sejumlah koleksi perhiasan pameran tersebut dicuri.
Foto: EPA
Perhiasan dari Pameran Mughal dan Maharaja di Doge's Palace, Venesia, Italia. Pada pagi 3 Januari sejumlah koleksi perhiasan pameran tersebut dicuri.

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA -- Sepasang anting dan satu bros yang diduga berharga beberapa juta euro dicuri selama jam kunjungan ke Doge's Palace di Kota Venesia, bagian utara Italia, pada Rabu pagi (3/1), demikian laporan media setempat. Meskipun perhiasan yang dicuri dilaporkan di pabean berharga 30.000 euro, nilai sesungguhnya benda itu bisa mencapai "beberapa juta euro", kata kantor berita Italia, ANSA, yang mengutip beberapa sumber polisi.

Perhiasan tersebut dipertunjukkan sebagai bagian dari pameran perhiasan India dari tahun 1500-an sampai 1900-an. Pameran dibuka pada September lalu.

Pameran itu menampilkan 270 barang berharga yang bertatahkan permata seperti berlian, mutiara, safir dan rubi, dari koleksi Sheikh Hamad bin Abdullah Ath-Thani dari keluarga kerajaan Qatar, kata jejaring museum, sebagaimana diberitakan Xinhua.

Rekaman kamera keamanan memperlihatkan dua atau lebih pencuri berbaur dengan pengunjung museum, mencuri perhiasan itu dan memasukkannya ke kantung mereka lalu dengan cepat meninggalkan museum, tempat mereka menghilang di antara kerumunan pelancong St. Mark's Square, kata ANSA.

Perhiasan tersebut sangat terkenal, dan akan sulit untuk menjualnya di pasar gelap. "Ada dugaa perhiasan itu akan dipisah-pisah sebelum dijual," kata penyelidik.

Doge's Palace, yang awalnya dibangun pada pertengahan abad 14, adalah salah satu tempat bersejarah utama di Kota Venesia dan dijadikan museum pada 1923.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement